Thursday, February 9, 2012

Sebulan di Belanda

9 februari 2012, tepat 1 bulan aku berada di Belanda, negara yang aku pilih untuk melanjutkan study ku sementara waktu.. Pagi ini suhu udara adalah -8 derajat celcius, tapi tak terasa dingin, mungkin karena angin tidak berhembus.

Setelah sebulan lamanya tinggal di negara ini tentu banyak pengalaman yang aku alami, dan masih banyak pelajaran hidup yang akan aku temui sampai masa study ku di sini berakhir. Sebulan ini aku belajar bagaimana bertahan hidup di tengah udara yang dingin menusuk tulang.. Dari berita yang ku baca, musim dingin kali ini adalah musim dingin terdingin di Belanda setelah 27 tahun yang lalu. ya, suhu terdingin yang pernah ku alami adalah -16 derajat celcius (itu yang kusadari). Kadang sembari berjalan dengan seorang teman ketika menuju kampus dia berkata "by, ACnya bisa dikecilin ga?" lalu ku balas "Tuhan, ACnya di rubah jadi 24 derajat celcius aja ya" hahhahahaha.. itu cara kami untuk menghangatkan suasana yang memang sangat amat dingin bagi kami berdua.


bebek main (air)es

danau beku
jalur sepeda

Sebulan ini aku juga belajar bagaimana bertahan hidup di negara orang yang jaraknya beribu-ribu kilo meter dari Indonesia. Hal yang paling menyiksa dan ku rindukan adalah makanan Indonesia, aku tergolong orang yang amat menyukai kue dan roti, sebelum berangkat aku yakin aku mampu bertahan di sini meski hanya memakan roti setiap hari. Tapi, bukan karena roti disini tidak enak, yang menimbulkan perasaan tersiksa adalah rasa bosan. Bosan kalau sarapan sudah roti makan siang juga roti. hahahhahaa... Dan biasanya suasana dingin seperti ini kalau di Indonesia paling enak makan bakso atau soto,, yummm,, kalau disini susah menemukan makanan itu kalaupun ada ya tidak seenak di Indonesia. Saking rindunya dengan soto akhirnya aku membuatnya sendiri, berbekal bumbu instant di mini market dekat rumah maka soto ala kadarnya pun jadi. 


soto ayam
bumbu soto instant

Sebulan ini aku belajar bahwa bertanya bukan karena kamu bodoh tapi memang karena kamu tidak tahu. Ya, salah mengerti mengartikan petunjuk penggunaan OV, siapa sangka di rotterdam dan den haag terdapat sedikit perbedaan. Bingung harus naik tram atau bus untuk menuju suatu tempat yang belum pernah ku kunjungi, tidak tahu dimana letak perpustakaan serta buku yang ingin ku baca di kampus, kebingungan mencari tanggal kadaluarsa di bungkus roti, pusing membaca peta di Google map mencari gereja untuk ibadah minggu dan masih banyak kebingungan-kebingungan lainnya. Dan faktanya, Google tak tahu segala kawan,, orang-orang sekitar mu justru jauh lebih menguasai semua informasi yang kamu perlukan untuk mengenal negara ini khususnya kota ini.

Dan sebulan ini, aku belajar bahwa Indonesia itu sangat amat indah sekali dan terlalu amat sangat kaya.  Makanan, Pemandangan yang indah, Matahari yang meskipun terik tapi membawa berkah luar biasa bagi hidup kita, Budaya yang sungguh sangat beraneka ragam, Ya sama seperti sebuah lagu yang berkata 

"Betapa kita tidak bersyukur. Bertanah air kaya dan subur. Lautnya luas gunungnya megah. Menghijau padang bukit dan lembah. 
Alangkah indah pagi merekah. Bermandi cahaya surya nan cerah. Ditingkah kicau burung tak henti. Bungapun bangkit harum berseri. 
Bumi yang hijau langitnya terang. Berpadu dalam warna cemerlang. Indah jelita damai dan teduh. Persada kita jaya dan teguh
 Itu semua berkat karunia
Allah yang Agung Mahakuasa
Itu semua berkat karunia
Allah yang Agung Mahakuasa"

Dan dari negara yang pernah menjajah kita 350 tahun ini aku belajar, bahwa masih banyak hal yang harus diperbaiki di negara ku tercinta, bahwa banyak hal positif yang bisa kita tiru dari negara ini. Ketepatan waktu dalam menjalankan kendaraan umum, ketertiban berlalu lintas, kemandirian dan kemesraan opa-oma, perlindungan dan penghargaan akan hak sebagai konsumen, tanggung jawab terhadap hewan peliharaan yang anda adopsi.

Cara terbaik untuk mengabadikan kenangan anda selama berada di belahan bumi yang lain, bukan dengan foto atau dengan video,, tapi dengan datang, tinggal, alami dan berbaur dengan sekitar,, lihat dengan mata mu, rasakan dengan tubuh mu, resapi dengan hati mu dan ambil semua pelajaran positif yang akan merubah pola pikir mu menjadi lebih baik.

No comments:

Post a Comment